Mau Jadi YouTuber ? Inilah Kemampuan Dasar Yang Harus Anda Miliki.

Blog » Mau Jadi YouTuber ? Inilah Kemampuan Dasar Yang Harus Anda Miliki.
Mau Jadi YouTuber ? Inilah Kemampuan Dasar Yang Harus Anda Miliki.

Apapun alasan anda untuk menjadi seorang Youtuber, anda harus memiliki skill atau kemampuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan Youtube agar anda bisa membuat konten yang hebat, menarik dan informatif.

Apabila anda tidak memiliki skill atau kemampuan dasar, segeralah mengasah kemampuan anda agar bisa berkarya di Youtube dan cepat sukses menjadi seorang Youtuber, sehingga subscriber akan bermunculan datang ke channel anda.

Skill dasar yang harus dimiliki seorang youtuber yang kami maksud adalah skill atau kemampuan ketika anda menjadi seorang Youtuber solo atau sendirian tanpa ada partner, tanpa ada tim, maupun rekan, dan bukan bagian dari perusahan. Namun jika anda memiliki partner atau tim mungkin anda akan sangat mudah menjadi Youtuber karena bisa berbagi pekerjaan bersama partner atau tim anda.

Lalu skill atau Kemampuan apa yang dibutuhkan seorang Youtuber ? Berikut penjelasannya !

Kemampuan Merekam Gambar

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Youtube merupakan tempat kreator khusus pembuat video, kemampuan atau skill dalam merekam video harus anda miliki agar bisa membuat konten youtube yang bagus dan berkualitas. Seperti anda harus tahu teknik dasar dalam merekam video, teknik pencahayaan dalam video, pengaturan suara dalam video dan lain sebagainya.

Tanpa memiliki skill merekam video yang baik, rekaman video anda hanya akan menjadi rekaman video biasa yang tidak akan pernah di rekomendasikan oleh youtube maupun orang lain.

Untuk merekan video anda tidak harus hebat dan mengetahui secara detail tantang cinematograpy

Cukup dasar-dasar mengambil gambar seperti mengambil gambar dengan stabil atau tidak goyang yang bisa anda implementasikan pada saat anda merekam sebuah video.

Namun apabila anda seorang Youtuber yang tidak perlu menampilkan video dengan rekaman sendiri, seperti membuat konten tutorial, atau konten informasi dengan mengambil video orang lain yang di personalisasi sendiri, skill merekam video ini mungkin tidak terlalu dibutuhkan, tetapi anda harus memiliki skill yang kedua ini.

Kemampuan Editing Video

Setelah anda bisa merekam video, skill atau kemampuan yang harus di miliki selanjutnya oleh seorang youtuber adalah kemampuan editing video, seorang youtuber harus bisa mengedit videonya sendiri, namun bisa saja menggunakan jasa editing video tetapi hasilnya tidak akan maksimal dan tidak akan seperti apa yang anda inginkan.

Seorang youtuber pemula harus bisa menjalankan aplikasi editing video, dalam hal ini bisa di sesuaikan dengan kebutuhan anda, bisa mengedit menggunakan aplikasi editing video di pc, atau yang simpel bisa menggunakan aplikasi editing video di handphone.

Kemampuan editing video sangat berperan penting agar audiens bisa menonton video anda dengan nyaman.

Kemampuan Menulis Naskah atau Alur Cerita

Memiliki skill membuat naskah ini wajib di miliki oleh seorang youtuber, karena tidak mungkin anda membuat konten di youtube tanpa membuat skema atau naskah terlebih dahulu. Tanpa kemampuan ini, akan berakibat isi dari konten video anda tidak akan terarah dan bisa dikatakan tidak nyambung, atau berputar-putar saja.

Apapun jenis konten yang anda buat, mempunyai skill membuat naskah ini wajib dimiliki, tidak perlu sepanjang durasi dalam video anda membuat naskah, cukup memiliki alur cerita saja, tulis di selembar kertas kosong poin-poin penting apa saja yang ingin anda sampaikan kepada audiens, tuliskan pada bagian scene apa anda akan memulai mengajak audiens berintraksi, dan sebagainya.

Kenapa membuat naskah itu penting ? Membuat naskah atau alur sebelum anda membuat konten akan meminimalisir kekeliruan yang akan disampaikan pada audiens, selain itu juga menghindari miss akan poin-poin penting apa yang ingin ditunjukkan, sehingga orang lain dapat dengan mudah mengerti dan minyimak isi dari konten video anda.

Kemampuan Presentasi

Kemampuan selanjutnya adalah anda harus bisa mempersentasikan naskah yang anda tulis. Kemampuan persentasi ini akan berperan penting dalam menyampaikan dan menyajikan poin-poin penting yang ingin anda sampaikan kepada audiens agar tidak terkesan kaku dan nampak luwes.

Skill persentasi yang baik akan membuat penonton menyimak isi konten video anda dengan nyaman, enak dinikmati dan mudah dipahami, sehingga penonton tidak langsung meninggalkan konten video anda, sedangkan skill persentasi yang buruk akan membuat konten anda di tinggalkan orang dan hanya ditonton beberapa menit saja dari durasi video yang anda buat sehingga itu akan berpegaruh terhadap jam tayang dan citra negatif akun anda.

Namun apabila anda masih tidak berani tampil di depan kamera untuk presentasi, anda bisa memanfaatkan Voice Over atau Dubbing. Dimana anda tidak perlu menunjukkan wajah anda ketika mengambil gambar, anda hanya mengisi suara di balik layar.

Cara ini terbilang cukup efektif bagi anda yang tidak memiliki kemampuan presentasi di depan kamera.

Kemampuan Mengkonsep

Setelah kemampuan diatas sudah anda miliki, terakhir kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang youtuber adalah penggagas ide atau konseptor, sebagai seorang Youtuber pemula anda harus bisa mengkonsep semuanya sendiri. Pada saat seperti inilah anda menjadi manager untuk diri anda sendiri, seperti memilih tempat mengambil gambar yang pas, pengeditan video yang sesuai, penulisan naskah yang tepat dan penyajian persentasi yang tidak membosankan.

Apalagi anda yang membuat konten "Do Or Yourself" seperti Colin Furze yang membuat kontennya tanpa bantuan orang lain, skill mengkonsep ini sangat anda butuhkan seperti menentukan tema apa untuk video selanjutnya, memilih gambar atau video yang sesuai, penggunaan efek suara yang sesuai, kapan harus menampilkan lagu dan sebagainya.

Tanpa memiliki kemampuan mengkonsep yang baik, semua kemampuan diatas tidak akan bisa menghasil video yang yang hebat, dan berkualitas. Dari kemampuan tersebut anda harus bisa mengkombinasikannya dengan konsep yang baik dan benar, agar menghasilkan video yang bagus dan berkualitas.

Memang perlu banyak kemampuan yang wajib dimiliki seorang Youtuber pemula yang ingin sukses. Namun kemampuan ini sejatinya akan membantu anda dalam mengembangkan Konten Youtube agar lebih terkenal. Disukai atau tidak semua kemampuan tadi wajib dimiliki, So masih ingin menjadi Youtuber ?

Baca Juga

PT Media Promosi Online

Jalan Cimanuk No. 6
Bandung 40115 - Jawa Barat
Indonesia

Sosial Media

Pembayaran

Pembayaran

Copyright © RajaKomen.com 2024 All Rights Reserved.
Advertiser order Instagram Komen 20
38 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 100
20 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 100
26 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
20 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 50
37 menit yang lalu.
Advertiser order Instagram Komen 100
59 menit yang lalu.
Advertiser order Youtube Komen 50
16 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
6 menit yang lalu.
Advertiser order Play Store Review 500
32 menit yang lalu.
Advertiser order 1000 subscribers YT
15 menit yang lalu.
Advertiser order IG Live Komen 100
46 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View
59 menit yang lalu.
Advertiser order 50 kampanye posting
31 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 50 View Youtube
33 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Beli Komen Gmaps
28 menit yang lalu.
Advertiser order 100 Beli Komen Gmaps
14 menit yang lalu.
Advertiser order 100 kampanye posting
41 menit yang lalu.
Advertiser order Beli 100 View Youtube
17 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Twitter Komen
43 menit yang lalu.
Advertiser order 50 Komen Youtube
29 menit yang lalu.
Advertiser order 200 Komen Detik
8 menit yang lalu.
Advertiser order Share TikTok 100
23 menit yang lalu.
Advertiser order Share Twitter 100
52 menit yang lalu.
Advertiser order Kampanye Posting di TikTok 200
42 menit yang lalu.
Advertiser order Kampanye Posting di Twitter 100
12 menit yang lalu.